Dasar Kebutuhan Menjadi Developer Elastos (Sharing Ilmu)

Dalam pembahasan kali ini, diharapkan sudah memahami tentang Cryptocurrency/ Crypto Asset Elastos yang dalam artian sudah mengetahui maksud dan tujuan Cryptocurrency/Crypto Asset ini diciptakan. Dan juga tertarik menjadi Developer Elastos sebagai kontribusi juga untuk Elastos tentunya.

Saya akan membahasnya per poin saja agar lebih merangkup apa saja yang perlu dipelajari. Berikut poin-poinnya :

  1. Memahami bahasa pemrograman Golang dan Javascript (meskipun terdapat bahasa pemrograman lain dalam library Elastos, tetapi dari kedua ini sudah mendapat peran besar untuk mempelajari Elastos)
    => kenapa dengan kedua bahasa pemrograman itu ? karena sebagaian besar library yang ada pada Elastos telah ditulis dalam bahasa pemrograman itu. Tergantung kebutuhan dari pengguna juga tujuannya, jika semisal menghubungkan sidechain cryptocurrency lain dengan Elastos maka bahasa pemrograman Golang merupakan hal yang tepat.
  2. Memahami container docker dan perintah2 brew.
    => Diatas merupakan package2 Elastos agar kita dapat memanggil library yang telah disiapkan oleh tim Elastos tentunya. Pada dasarnya brew merupakan package manager untuk MacOS, tetapi juga dapat digunakan di Linux atau Windows.
  3. Mempelajari Document yang telah disiapkan oleh tim Elastos dan selengkapkan dapat dilihat di Github milik Elastos
  4. Jika ada hal yang membingungkan, cobalah bertanya di grup telegram Elastos Developers ( gunakan bahasa Inggris akan tetapi :slight_smile: , karena bukan hanya orang Indonesia saja yang berada disitu )

Itulah dasar-dasar yang dibutuhkan secara teknis, semoga hal tersebut akan membantu teman2 dalam mempelajari cara menjadi Developer Elastos. Sekian dan Terima Kasih.

2 Likes

Sedikit curhat,

Perlukah Indonesia membuat suatu Lembaga untuk sharing ilmu secara teknikal tentang Blockchain ?

Saya sebenarnya sedang menunggu orang yang mengajak hal ini, entah itu dari pihak Blockchain mana yang ingin membiayai pembuatan Lembaga dan anggota2nya untuk sharing ilmu agar pengetahuan masyarakat tentang Blockchain itu dapat secara luas tersebar dengan cepat yang khususnya secara teknikal (bukan suatu inspirasi atau pengertian atau hal lainnya untuk mengenal Blockchain).

Jujur saya suka berbagi dengan kata lain di bagian teknikal. Tetapi entah itu berguna bagi yang lain atau tidak, tetapi saya memiliki harapan agar banyak developer Blockchain di Indonesia (sekedar info, bahwa saya juga masih belum mengimplementasikan ke kerjaan ataupun bisnis hehe).

Buktinya :

Meskipun begitu, saya juga kadang bingung mau share ilmu apa lagi hehehe